Thursday, March 8, 2012

Suasana Desa

Gotong Royong Di desa Peunayan
Bila ada acara  di suatu rumah penduduk desa tersebut kita selalu bisa melihat pemandangan seperti gambar dibawah ini yaitu para ibu ibu sibuk bergotong royong  cang gule atau pesieng eungkoet, benar benar desa yang kompak ya :D , dan kita bisa melihat seperti gambar dibawah ini. dan anda ingin tau apa yang di masak oleh para ibu ibu ini? anda bisa KLIK DISINI


Beda dengan suasana di kota kota jika ada suatu acara semuanya harus dibayar pake uang bukan pake daun :D, MISALNYA spt ongkos pasang tenda , ongkos masak, ongkos nyiapin catering dansebagainya
    tapi kalo di desa masih punya rasa seperti tolong menolong dalam ke gotong royongan seperti gambar ib u ibu sedang cang gule di atas,,,, dan ada juga gadis gadis atau aneuk dara yang bergotong royong di posisi yg seharusnya buat mereke yaitu merangkai bunga, menghias tisu , menerima kado seperti nampak pada gambar di bawah ini >>>>>


Dan para pemuda juga tidak pernah melewatkan gotong royong antar sesama di desa kami ini, ya biasa lah kalo pemuda biasanya membuat pantea, memasang tenda, memasang pernak pernik hiasan yang sedikit agak berat dan lain lain,,, semua itu bisa kita liat seperti gambar di bawah ini>>>>>

Inilah arti hidub bermasyarakat di sebuah desa yang tak luput dari sikap tolong menolong antar sesamanya, tapi anda jangan salah ,kalou anda gak pernah mau berkunjung atau membantu di suatu acara di rumah'' warga lain tentunya masyarakat juga gak bakalan mau membantu anda jika mengadakan acara di rumah anda seperti peresmian anak atau anggota keluarga anda lainnya , yaaa masih ada jalan sih spy acara di rumah anda tetap berjalan yaitu dengan baik yaitu seperti cara di kota kota ,,,hehehhehe
sewa tenda n pasang sendiri walaupun anda suruh ama orang pasti pake duit, kalo ngak orang gak bakalan mau :D
Makanya tanamkanlah hidup bermasyarakat mulai dari sekarang , seperti di desa peunayan ini bukan hanya para ibu ibu, gadis gadis , pemuda pemuda, tetapi orang tua juga ikut berpartisipasi dalam bergotong royong , spt mencuci piring dan lainya yang sesuai dengan umur mereka yang sudah tua, suasana ini bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini 
 Semua kalangan mulai dari yang muda sampai yang tua ikut berpartisipasi dalam berakan gotong royong di suatu acara dirumah'' penduduk desa peunayan ini
ini potret dalam suatu acara perkawinan di desa ini, kemudian ada juga para tamu baik dari desa tersebut ataupun dari desa desa tetangga juga ikut menghadiri kemeriahan acara ini

                                       

Dan buat para tamu yang hadir ,mereka bisa lansung menyantap makanan di ( kaloe kami orang aceh mengatakan itu perancis) Hehehe bukan perancis yg di luar negeri ya :D Tapi prancis itu tempat para tamu  makan hidangan , tentunya bila anda belum ngerti bisa lihat pada gambar di bawah ini>>>prancis bagi kaum wanita

Dan prancis bagi kaum laki laki beda tempatnya, karna aceh kan syariat islam, jadi perempuan dan laki laki harus dipisahkan ,kalo ngak ???? wah bisa berabee nih pemandangan saat makan duduk di tempat yang sama bukan muhrimnya, bisa kena fitnah :D ,,,Ini dia prancis buat kaum pria>>>>
Dengan begitu para tamu undangan bisa makan hidangan dengan tenang ,mulai dari anak anak sampai dewasa boleh makan di disini, eummmmm nyam nyam,,,, mangat that peunajoh aceh meu macam bagoe :D 
ini suasana di bilik makan para pria
Dan ini juga suasana di bilik para wanita 
B E R S A M B U N G.............................................................................................................!

3 comments:

  1. indahnya suasana desa.
    orangnya ramah tama
    suka menolong
    saling berbagi.
    wah.. jadi ingat gresik nih dam..
    huaaaaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bazokawap/ iya sama saya juga ingat aceh nisam ku , ntah kapan saya pulang lagi kesana, heheh

      Delete
  2. akan pulang segerA kami merindukan adam

    ReplyDelete